Laman

Pedoman membeli asuransi

Kita  sebaiknya jangan langsung memutuskan dan mengiyakan sebelum mempelajari seluk beluk produk asuransi tersebut apalagi belum kenal betul dengan perusahaan asuransi tersebut.

Kadang kita sering jengkel dengan ulah para sales asuransi yang melepon untuk menawarkan asuransi mereka yang dikenal dengan telemarketing.
Bagaimanapun juga asuransi juga adalah sebuah perencanaan keuangan.
Walau anda seorang yang mempunyai modal usaha kecil dan besar seharusnya juga mempunyai asuransi bukan hanya diri anda sendiri bahkan termasuk usaha anda sendiri seperti asuransi kebakaran, bencana alam dan sebagainya.

Asuransi merupakan salah satu cara untuk menyebar resiko keuangan untuk seseorang atau sekelompok usaha kecil dan besar jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Untuk itu ditetapkan suatu biaya yang perlu dibayarkan atau premi tergantung berapa besar yang akan dilindungi tersebut. Dengan jumlah biaya premi yang akan dibayarkan sebegitupulalah sebanding dengan klaim yang akan dibayarkan ketika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan itu.

Tak terkecuali asuransi pendidikan premi yang akan dibayarkan kepada perusahaan asuransi. Pembayaran premi bisa bulanan, per catur wulan, semester atau tahunan.  Setelah masa periode anda dapat mengambil uang asuransi jika anak anda telah memasuki perguruan tinggi misalnya dan untuk asuransi jiwa ketika anda telah tua serta asuransi kesehatan ketika anda sakit dan seterusnya.

Uang tertanggung adalah uang yang akan dibayarkan perusahaan asuransi jika anda meninggal dunia kepada pewaris sebelum waktu ditetapkan dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Berhati-hatilah terhadap agen atau sales asuransi ketika berbicara.  Apalagi kalau sales tersebut merupakan keluarga anda sendiri sehingga sering tidak membaca atau  meminta secara rinci jenis asuransi yang ditawarkan dan banyak kejadian ketika asuransi di klaim menjadi sulit atau ditolak oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan.
Sebelum membeli maka bacalah semua aturan yang dibuat oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan.


Pahami betul-btul fitur produk yang akan anda beli dan sesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan. Misalnya anda ditawarkan asuranji jiwa apakah ini penting apalagi anda masih sangat muda mungkin lebih bagi produksi asuransi lain yang memberikan investasi yang berlipat.

Anda juga perlu mengupgrade dan meninjau setiap saat perubahan kebijakan aseet yang anda miliki termasuk semua asuransi yang yang sedang anda jalani. Sebagai contoh ketika anda belum menikah, setelah menikah, dan punya anak, usia kendaraan anda, asset yang anda miliki seperti rumah dan sebagainya maka setiap perbedaan situsi ini maka anda membutuhkan asuransi yang semakin banyak jumlahnya. Tentu semua itu anda sesuaikan dengan kemampuan keuangan yang anda miliki.


comments

No comments:

Post a Comment

Silahkan comment sesuai dengan topik. Boleh dengan teks jangkar tetapi blog/website mengenai asuransi (pendidikan)