Laman

Persiapkan anak-anak dengan asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan semakin hari semakin penting  terutama kepastian ekonomi yang semakin tak menentu saat ini. Salah satu tabungan yang paling mahal adalah pendidikan buat anak-anak terutama suatu saat orang tua mereka sudah tidak ada lagi. Orang-tua yang menyiapkan asuransi pendidikan adalah sadar dengan kebutuhan bagi pendidikan anak-anak mereka. Mereka sadar dana untuk pendidikan semakin hari semakin besar sehingga mereka mempersiapkan di awal ketika anak-anak mereka mau sekolah.
Orang-tua yang bijaksana sudah mempersiapkan perencanaan keuangan untuk anak-anak mereka sejak mereka lahir.

Salah satunya adalah mencari asuransi pendidikan anak terbaik buat anak-anak anda. Hal ini anda dapat melalui brosur atau brousing di internet. Selain itu anda dapat menanyakan langsung kepada teman atau keluarga yang lebih dahulu menjadi nasabah asuransi pendidikan. Tentu hal ini dengan mudah bagi anda untuk menentukan asuransi pendidikan yang terbaik untuk putra-putri anda.

Menentukan kriteria perusaan asuransi pendidikan anak terbaik cukup sulit, karena perusahaan asuransi selalu mengklaim bahwa merekalah yang terbaik dan setiap perusahaan asuransi bersaing dengan ketat pada masing-masing produk yang mereka jual, sehingga nyaris tidak ada perbedaaan jika perusahaan asuransi tersebut sudah besar. Hal yang terpenting buat anda adalah berapa jumlah premi yang akan anda bayarkan yang sesuai dengan kemampuan anda dengan tidak mengganggu kebutuhan anda sehari-hari, kemudian proses klaim yang cepat ketika waktunya tiba untuk mengambil dana pada perusahaan asuransi pendidikan anak terbaik yang telah anda pilih tersebut.

Dalam jurnal asuransi atau berita di koran sering juga diumumkan perusahaan asuransi yang terbaik menurut kategori masing-masing termasuk perusahaan asuransi pendidikan anak terbaik. Contoh lain seperti berdasarkan jumlah aset yang mereka miliki, reasuransi terbaik, pertumbuhan investasi, underwriting tertinggi dan sebagainya.

Setelah anda menentukan pilihan perusahaan asuransi pendidikan  anak terbaik sebaiknya konsultasi sebelum menandatangangi perjanjian baca seluruh detail perjanjian tersebut. Agent asuransi sering melewatkan hal-hal yang penting sehingga sering terjadi salah pengertian antara nasabah dengan perusahaan asuransi.

Untuk mempersiapkan dana pendidikan anak-anak beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

Pertama, Orang tua harus tahu pendidikan yang diingankan yang sesuai dengan kemampuan mereka sehingga dengan pasti sekolah mana yang akan dituju. Anda tidak bisa memaksakan kehendak anda kepada si anak yang jauh dari standard kemampuan anak anda.

Kedua, Dengan mengetahui sekolah yang akan dituju sehingga dapat menghitung biaya yang akan dibutuhkan si anak. Anda dapat mengumpulkan semua informasi biaya yang dibutuhkan seperti biaya sekolah, buku, juga biaya hidup di tempat mana anak sekolah.

Ketiga, Anda juga harus memperhitungkan tingkat inflasi mulai dari sekarang sampai anak mulai sekolah apalagi anak mencapai perguruan tinggi. Anda dapat memperkirakan dengan tingkat inflasi sekarang walau cara perhitungan masih kasar. Jika tingkat inflasi sekarang sekitar empat maka dalam perhitungan anda dapat memperkirakan seperti lima atau enam persen.

Keempat, Bersamaan dengan tingkat inflasi adalah suku bunga pada saat itu yang merupakan refleksi inflasi pada saat itu. Tingkat suku bunga akan mewakili adalah inflasi dan suku bunga riil.

Kelima, Anda sudah dapat menghitung semua jumlah yang dibutuhkan seperti yang disebutkan satu sampai empat. Dengan demikian anda dapat memperkirakan jumlah tabungan yang akan dibuat, berapa pengeluaran yang akan anda keluarkan setiap bulannya.

Anda dapat mempersiapkan semua itu melalui asuransi pendidikan. Anda dapat memperkirakan tabungan yang akan anda peroleh pada saat anak anda memasuki sekolah dan berapa premi yang harus anda bayarkan kepada perusahaan asuransi. Perlu anda sadari bahwa selain anda berasuransi anda juga telah melakukan investasi. Jelas bahwa premi asuransi berguna apabila pada suatu saat anda tidak mampu lagi untuk membayar investasi hipotek. Hal ini dapat saja terjadi apabila anda tidak mampu lagi bekerja atau meninggal dunia.

Jelas bahwa dengan anda mengambil asuransi pendidikan anda akan melakukan penghematan untuk kebutuhan rumah tangga anda akan semakin besar, dengan harapan anda tidak perlu lagi terlalu pusing dengan investasi pada saat anak anda memasuki sekolah. Dengan demikian anda telah mentransfer resiko pada masa depan jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan sehingga anak-anak anda terus dapat melanjutkan pendidikan mereka.
Keluarga harus mempersiapkan untuk mengantisipasi resiko pada masa depan terutama pendidikan anak-anak anda dengan memperhatikan dengan cara seksama dengan mengambil asuransi pendidikan.

28 komentar:

  1. Asuransi pendidikan penting untuk kelangsungan pendidikan anak di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu. terima kasih sudah berbagi informasi, sob.

    BalasHapus
  2. OK! Sob. Kita mungkin belum menyadari pentingnya asuransi (pendidikan) ketika anak mulai berangkat sekolah apalagi memasuki kuliah sering menjadi kendala dengan mahalnya biaya kuliah atau pendidikan. Dengan menyisihkan sebagaian pendapatan untuk biaya pendidikan anak itu akan mengurangi sebagian anak ketika mereka memamsuki pendidikan (kuliah) nantinya

    BalasHapus
  3. Kunjungan malam dari Grendis Maya

    BalasHapus
  4. Asuransi pendidikan / Program Dana Pendidikan
    sangat penting untuk buah hati kita. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi dengan kondisi keuangan kita dimasa yang akan datang. Untuk itu asuransi pendidikan akan menjamin terpenuhinnya kebutuhan pendidikan untuk buah hati kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, betul...asuransi pendidikan adalah membagi resiko jika terjadi sesuatu pada diri kita

      Hapus
  5. Asuransi Murah, Proses Mudah? Klik www.rajapremi.com
    Tanpa survey kendaraan, tanpa medical check up. Polis langsung aktif seketika setelah pembayaran dilakukan.

    BalasHapus
  6. sangat setuju... pendidikan memang harus diutamakan buat anak2 kita... nice article... makasih sudah berkunjung ke liebynews.blogspot.com.. salam persahabatan

    BalasHapus
  7. Ya, banyak dari teman saya yang sudah ikut,,,masih mikir saya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas/mbak....tidak perlu buru-buru...Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan serta perusahaan asuransi yang telah mumpuni

      Hapus
  8. Bagus mas :)

    jangan lupa kunjungan balik web saya ya

    www.prudentialworld.net

    BalasHapus
  9. Sejak dini memang pendidikan harus diterapkan kepada anak2
    entah tindakan dan sopan santun berucap.
    salam kenal semuanya :-)

    BalasHapus
  10. tingkatkan pendidikan anak2 kita :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul....asuransi pendidikan adalah salah satu cara...

      Hapus
  11. Sepertinya asuransi pendidikan sangat bagus untuk masa depan anak-anak ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya...gan...asuaransi pendidikan adalah salah satu cara investasi untuk anak-anak kita tercinta

      Hapus
  12. gmna caranya buat gabung ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gabung sih gampang mba...tinggal mendatangi kantor cabang [erusahaan asuransi yang terdekat dengan tempat tinggal anda , sales mereka dengan senang hati datang kerumah anda dengan memberikan penjelasan kepada anda. Sales biasanya sering melebih-lebihkan maka baca semua detail dengan perjanjian yang diberikan. Anda juga bisa mengkases website masing-masing perusahaan asuransi

      Hapus
  13. terima kasih infonya gan........
    sangat menarik dan bermamfaat......

    BalasHapus
  14. Hemm menarik, bagaimana cara mendapatkan asuransinya ya? semoga bisa bekerjasama di bawah peran mahasiswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendapatkan asuransinya atau klaim nya gan..? Kalau masuk asuransi sih gampang...termasuk asuransi pendidikan...bahkan sales nya dengan senang hati mendatangi anda. Kalau mengambil klaim asuransinya anda harus baca dengan seksama perjanjian dengan pihak asuransi sebelum mengambil produk asuransi yang bersangkutan. Tanyakan semua ketika anak anda masuk perguruan tinggi misalnya...waktu pengambilan dana bisa ngga disesuaikan dengan pendaftaran ketika masuk perguruan tinggi atau masuk sekolah sebab pada saat itulah kita banyak butuh biaya. Soalnya ketika saat itu ada juga tidak bisa diambil danannya berhubungan dengan waktu jatuh tempo

      Hapus
  15. Thanks gan informasinya asuransi pendidikan perlu sekali diperhatikan untuk anak-anak agar lancar dalam pendidikan dan bagus untuk masa depan yang akan datang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan....mengingat biaya pendidikan untuk sekolah dan masuk perguruan tinggi negeri/swasta membutuhkan biaya yang tidak sedikit jadi dengan asuransi adalah ibarat menabung dan membagi resiko

      Hapus
  16. Asuransi pendidikan penting untuk kelangsungan pendidikan anak di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi dengan kondisi keuangan kita dimasa yang akan datang. terima kasih sudah berbagi informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan....Ibaratnya sedia payung sebelum hujan...

      Hapus

Silahkan comment sesuai dengan topik. Boleh dengan teks jangkar tetapi blog/website mengenai asuransi (pendidikan)