Laman

Reksadana dan keuntungannya

Asuransi pendidikan atau reksadana?
Asuransi pendidikan atau reksadana? Anda mungkin masih banyak pertanyaan tentang rencana investasi untuk anak-anak anda. Untuk itu ada baiknya lebih dahulu apa itu reksadana, apakah itu aman, tidak haram bahkan sesuai dengan zakat dan apa untung ruginya memilih reksadana serta bagaimana memilih reksadana terbaik dan yang menguntungkan jangka pendek maupun jangka panjang serta resiko yang ada.

Jika anda investasi reksadana artinya uang anda dikumpulkan dengan banyak investor lainnya. Uang yang telah terkumpul itu akan dikelola oleh seorang majejer investasi yang profesional dan menginvestasikan uang itu dalam berbagai investasi seperti surat berharga. Kemudian reksadana ini dibagi dalam pori atau unit, dimana unit ini milik investor tersebut. Seberapa banyak unit yang anda miliki tergantung kepada banyaknya investasi yang anda tanamkan. Menejer investasi juga akan menerbitkan total volume dan harga satuan akan diatur sesuai dengan setiap hari kerja dan nilai investasi yang ada pada hari sebelumnya dan tentu saja dengan laporan keuangan. Dengan demikian anda juga dapat menilai kinerja raksadana melalui laporan menejer investasi tersebut.
Untuk mendapatkan reksadana anda dapat langsung ke menejer investasi atau agen penjual reksadana tersebut melalui bank agen penjual.

Cara investasi reksadana bisa dalam saham, obligasi dan juga uang tunai atau uang deposito dimana saja diseluruh dunia, bahkan instrumen keuangan lainnya seperti options dan futures.
Pertanyaannya apakah uang anda dapat keluar dengan cepat jika anda membutuhkan?
Reksadana memberikan likuiditas untuk akses ke uang anda, proses jual beli reksadana ada setiap hari.  Artinya anda dapat menjual dan membeli setiap hari kerja dan biasanya uang anda dapat dibayarkan dalam waktu sekitar seminggu setelah anda menjual.

Jelas bahwa manfaat serta keuntungan reksadana karena prosesnya juga mudah, karena menejer yang profesional akan mengurus semua keputusan sehari-hari, sehingga anda tidak perlu memantau pasar atau melihat grafik secara terus menerus.
Anda juga tidak perlu pengetahuan yang rumit tentang saham, forex, komoditas, pekerjaan admintrasi dan sebagainya.
Anda juga dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda seperti rencana investasi bulanan.
Dengan demikian sangat fleksibel dengan portofolio investasi serta disesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda juga mempunyai kontrol penuh dengan investasi anda atau uang anda jadi mempunyai likuiditas yang sangat baik.

Sebelum anda memilih produk reksadana anda dapat simulasi terlebih dahulu sebelum anda memutuskan terjun didalamnya. Rekomendasi dan evaluasi kinerja reksadana dalam bentuk data juga akan diperlihatkan kepada anda.
Berbagai jenis reksadana juga muncul untuk menyesuaikan kebutuhan anda seperti reksadana terproteksi yang hampir sama dengan deposito yang mempunyai waktu jatuh tempo dan keuntungan atau deviden dibagikan secara periodik dan mempunyai jangka waktu yang panjang sehingga sangat diminati para investor.

Resiko danareksa tetap ada malahan dapat rugi,seperti pada seperti pada pasar uang yang gagal bayar atau uang yang telah jatuh tempo harus dijual kembali dibawah harga belinya.
Sebaliknya bisa memberi return tinggi ketika beli murah dan menjual ketika harga tinggi.
Untuk itu anda juga dapat memantau secara harga online. Berbagai variabel dapat mempengaruhi harga dari reksadana baik pengaruh mikroekonomi maupun makroekonomi.
Anda juga dapat membandingkan pilihan asuransi pendidikan dengan reksadana atau asuransi pendidikan vs saham, emas, deposito dan seterusnya. Begitu juga asuransi dengan reksadana plus seperti reksanada bonus, emas, kesehatan, syariah, tabungan, investasi dan sebagainya.

Bagaimanapun semua itu tergantung kepada anda dalam mengelola keuangan dan melihat proteksi, keamanan, serta untung ruginya, atau jika keuangan anda memungkinkan anda dapat mengkombinasikannya. Tujuan semua itu dana yang akan anda peroleh untuk membiayai putra dan putri anda tercinta.

1 komentar:

  1. Apakah uang kita dalam reksadana bisa habis totaldalam artian uang kita bisa nol. kalau kita lihat meski saham jatuh tidak ada yang sentuh angka nol mungkin kalau bangkrut

    BalasHapus

Silahkan comment sesuai dengan topik. Boleh dengan teks jangkar tetapi blog/website mengenai asuransi (pendidikan)