Laman

Pendidikan etika

Lingkungan pendidikan etika biasanya selalu kritis serta memahami relevansi pada sistem pendidikan di Indonesia dari dulu sampai sekarang. Masalahnya sekarang apakah etos pendidikan saat ini telah meningkatkan mutu pendidikan kita? Dengan krisis kepemimpinan saat ini kita mungkin miris mendengar  bagaimana pendidikan etika serta manfaat yang di dapat untuk menghasilkan anak didik, dimana program ini telah diterapkan sejak pendidikan etika anak usia dini. Hasil yang di dapat bisa dikatakan biasa-biasa saja malahan menurun.

Pentingnya program tersebut seharusnya dikaji ulang dalam penerapannya disekolah sekolah kita.  Pendidikan etika tidak hanya pelajaran sekedar menghapal pelajaran yang sudah tidak terhitung jumlahnya. Defenisi serta pengertian harus benar-benar dipahami oleh guru kemudian bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari pada anak didik sehingga pelajaran tersebut benar-benar dapat diterapkan dan bermanfaat. Memberikan pendidikan adalah pekerjaan yang sangat mulia. Tugas seorang guru adalah mengharapkan siswa-siswa mereka bisa berdedikasi bagi bangsa dan negara kelak dan tidak hanya mengambil pelajaran sebagai misi mereka.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) sebenarnya penerapan yang paling efektif awal dari pembelajaran pendidikan etika dan budi pekerti.
Hal ini dapat dilakukan dengan belajar yang menyenangkan dengan memberikan contoh sehari-hari seperti, kesopan dalam berkata-kata, lalu lintas yang benar, menghormati orang tua dan sebagainya. Mereka juga dapat belajar sekaligus dengan mengaitkan pendidikan etika dan budaya Indonesia.

Sebenarnya pendidikan etika telah diajarkan dalam berbagai disiplin ilmu seperti di kedokteran, keperawatan, bisnis dan profesi, hukum, lingkungan hidup dan sebagainya. Dalam mata pelajaran agama juga sangat ditekankan pendidikan etika seperti pada agama kristen, islam, hindu dan budha.
Sistem pendidikan nasional seharusnya pada prinsip pembangunan total, harus mendapatkan ilmu sebanyak banyaknya dengan moral yang tinggi. Seharusnya metode ini diterapkan dan penekanan pada belajar melalui praktek bukan hanya sekedar mata pelajaran hafalan. Contoh yang dibuat dalam kehidupan sehati-hari dapat diterapkan dalam pendidikan etika sehingga anak-anak didik akan tertanam dalam benak mereka untuk membuat hal-hal yang benar.

Dalam mata pelajaran pancasila juga dapat menerapkan hal ini. Mata pelajaran ini mungkin sudah dilupakan karena dianggap sebagai alat propaganda pada jaman ordebaru. Mungkin pada waktu itu sudah begitu akrab dengan istilah pendidikan pancasila sebagai etika politik. Tetapi relevansi pendidikan etika dan moral tidak kelihatan dalam kehidupan yang nyata oleh pemimpin kita.saat ini.

Berbagai jurnal pendidikan etika guru telah banyak diterbitkan, karena guru dianggap sebagai sentris dalam memberikan program yang paling efektif untuk memungkinkan semua untuk belajar di sekolah.
Oleh karena itu etika tenaga kependidikan juga harus dibenahi dan dikembangkan lebih dahulu. Makalah serta seminar juga banyak telah dilakukan untuk membahas masalah tersebut. Hal yang sama mereka juga tentu sudah mendapat filsafat pendidikan sebelumnya sehingga guru akan lebih mudah untuk memahami.

Jelas bahwa tujuan dari pada pendidikan etika untuk memberikan pendidikan yang berkarakter terutama bagi pemimpin di masa depan, penerapan dalam pendidikan nasional, organisasi,politik, dalam seni dan sebagainya dan semua siswa harus merasa bagian dari anggota masyarakat sehingga siswa dapat mengembangkan kepribadian mereka secara maksimal.

Sebagus apapun program yang dibuat masyarakat hanya akan melihat hasil yang diperoleh dengan pendidikan tersebut. Orang tua juga menjadi sentral dari pendidikan etika dan budi pekerti pada anak-anak mereka. Anak-anak mempunyai waktu yang lebih banyak dengan orang tua di rumah dari pada disekolah. Pendidikan etika dapat dipelajari tetapi semua itu akan sia-sia jika tidak diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan comment sesuai dengan topik. Boleh dengan teks jangkar tetapi blog/website mengenai asuransi (pendidikan)