Laman

Asuransi dan investasi

Asuransi dan investasi
Asuransi dan investasi di Indonesia semakin populer saat ini. Bentuk umum dari asuransi adalah asuransi berjangka. Saat ini ada jenis lain dari asuransi dengan konsep dan penerapan asuransi (jiwa) atau kesehatan unit link proteksi sekaligus investasi. Mungkin menjadi muncul pertanyaan di benak anda adalah apakah bisa seperti asuransi (jiwa) anda misalnya dapat juga digunakan sebagai investasi? Artinya anda mendapat nilai ketika anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar anda juga seharusnya mendapatkan hasil investasi bersama dengan asuransi? Di luar negeri hal ini sudah menjadi hal yang umum dengan neto yang akan mereka peroleh.
Dengan kata lain ketika anda membeli polis asuransi anda juga mendapatkan perspektif manfaat.

Sebelumnya banyak yang masih menanyakan beda asuransi dengan investasi karena selama ini selalu dianggap dua hal yang dianggap terpisah. Tetapi sejalan dengan perkembangan zaman serta asuransi dan investasi nasional dalam konteks perekonomian terbuka dan mudahnya untuk akses informasi saat ini maka saat ini sudah semakin umum dan menarik bagi para nasabah. Pendidikan asuransi dan investasi juga mengalami perkembangan. Berbagai seminar dan diskusipun terus diselenggarakan yang banyak diminati kaum muda, tua, pria dan wanita.

Dalam operasionanyal jika anda berinvestasi dalam asuransi anda harus memenuhi syarat yang ditentukan dengan imbalan mendapat bonus reguler yang juga merupakan akumulasi manfaat dan kelangsungan hidup ketika jangka waktu polis anda sudah berakhir.
Artinya akumulasi yang akan dibayarkan kepada tertanggung pada saat jatuh tempo polis asuransi atau yang menanggung mengalami kematian. Yang tertanggung akan mendapatkan jatuh tempo dan kelangsungan hidup.

Jelas hal ini akan menarik tetapi harus harus juga dilihat kelebihan dan kekurangan investasi dalam asuransi.
Uang premi (tahunan) cukup tinggi yang harus anda bayarkan yang ditentukan dengan waktu jatuh tempo. Selain itu ada kalanya rendah dalam pengembalian sehingga lebih untung menggunakan asuransi murni.
Kelebihannya anda dapat saja mendapatkan hasil bonus yang tak terduga.
Hal ini tentu akan menghemat premi anda.

Mencari asuransi dan investasi yang bagus selalu menarik perhatian nasabah setelah mengetahui untung ruginya, sehingga menjadikan asuransi sebagai fungsi investasi. Dengan semakin bergairahnya bisnis tersebut maka perusahaan-perusahaan asuransi mengeluarkan berbagai produk asuransi dan investasi. Maka ujung tombak yang memasarkan produk  tentu saja para agen asuransi masing-masing perusahaan asuransi tersebut.

Dalam era globalisasi saat ini memilih investasi dalam berasuransi merupakan kebijakan yang sangat strategis terlebih-lebih dalam bisnis internasional. Perusahaan-perusahaan umumnya juga mempunyai hutang jangka panjang sehingga pilihan asuransi untuk investasi atau asuransi berbasis investasi menjadi sangat populer. Malahan saat ini pengelolaan investasi perusahaan asuransi dan perusahaan reasuransi akan semakin menjamin kelangsungan perusahaan asuransi tersebut sehingga nasabah semakin percaya bahwa perusahaan asuransi tersebut tidak akan mengalami kebangkrutan.

Di Indonesia juga telah membuat berbagai kebijakan dengan dikeluarkannya peraturan menteri keuangan tentang pengelolaan investasi perusahaan asuransi dan perusahaan reasuransi. Hal ini jelas menambah gairah berbisnis di Indonesia, terutama dengan adanya otonomi daerah. Dengan sendirinya bermunculan bisnis lain akan tumbuh seperti asuransi dan investasi waralaba, zakat pada ekonomi syariah dan sebagainya. Dengan demikian pemerintah berharap iklim investasi dan finansial terus tumbuh sehingga akan menambah devisa negara.
comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan comment sesuai dengan topik. Boleh dengan teks jangkar tetapi blog/website mengenai asuransi (pendidikan)