Laman

Inovasi bidang pendidikan

Inovasi bidang pendidikan
Inovasi bidang pendidikan hal ini sangat terkait dengan riset dan pengembangan yang akan menghasilkan inovasi dalam ilmu pengetahuan.
Program ini seharusnya sudah dimulai dari pendidikan pada usia muda(PAUD) sampai kepada perguruan tinggi. Fungsinya adalah untuk memberikan nilai tambah bagi sektor industri dan ekonomi untuk menikmati kemakmuran di era globalisasi.

Salah satu penyebab halangan dalam inovasi pendidikan adalah terbatasnya dana dan mahalnya pendidikan terutama dalam pendidikan tinggi. Stiap anak yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi selalu mempunyai hambatan dengan mahalnya biaya penddikan.
Sungguh disayangkan jika anak-anak muda yang mempunyai semangat yang luar biasa dalam menempuh ilmu pengetahuan harus mengalami putus asa karena ketiadaan dana.

Kreatifitas anak muda menjadi tulang punggung kemajuan suatu bangsa. Semangat mereka untuk belajar harus di dukung sepenuhnya untuk mencapai cita-cita mereka. Harapan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal yang berguna bagi keluarga dan masyarakat.

Umumnya anak-anak ini didukung oleh orang tua dalam pembiayaan biaya pendidikan mereka. Orang tuapun berharap agar anak-anak mereka bernasib lebih baik. Generasi muda harus di dorong untuk mempelajari pengetahuan dan ketrampilan dengan berbagai inovasi dan evaluasi pendidikan. Tujuannya agar anak didik tersebut bisa unggul dalam persaingan global yang semakin ketat.

JIka mereka ini tergantung kepada orang tua untuk membiayai pendidikannya, bagaimana jika orang tua mengalami sesuatu hal yang tidak diinginkan? sebagai contoh cacat tetap yang tidak mungkin lagi bekerja atau meninggal dunia? sementara biaya yang ada harus dilaokasikan untuk mengobati penyakit yang berkepanjangan?

Akibatnya masa depan anak bisa tidak pasti dengan kelanjutan pendidikan mereka. Unuk itu mereka harus dilindungi dengan proteksi seperti asuransi, baik itu asuransi jiwa ataupun asuransi pendidikan. Tujuannya agar anak-anak ini tidak terancam putus sekolah karena kurangnya biaya pendidikan akibat kejadian yang tidak terduga.

Kepastian terjaminnnya biaya pendidikan adalah suatu hal yang mutlak. Dalam perkembangannya pendidikan juga mengalami perubahan yang sangat dinamis. Itulah sebabnya mengapa inovasi dalam bidang pendidikan terus-menerus harus dilakukan terlebih lebih dalam era reformasi saat ini.

Munculnya berbagai gagasan dalam jurnal dengan kajian inovasi pendidikan agar dapat terus mengikuti tren saat ini maka peran guru dan orang tua menjadi perhatian utama agar mendorong anak-anak mereka kearah yang lebih maju dengan tidak melupakan sisi moral dan budi pekerti dan pendidikan karakter. Akibatnya perubahan dalam bidang kurikulum sering terjadi dan bahkan tidak jarang menimbulkan kontoversi.

Inovasi pendidikan itu juga menyentuh hampir semua bidang termasuk jalur non formal atau luar sekolah sampai ke bahasa arab, melayu dan juga yang berbasis multimedia sehingga masing-masing instansi harus menyesuaikan dengan kurikulum masing-masing dan peran guru di sekolah sangat menentukan.
Kita berharap dengan inovasi dalam sistem pendidikan nasional maka akan menghasilkan mutu pendidikan di Indonesia semakin baik.

1 komentar:

Silahkan comment sesuai dengan topik. Boleh dengan teks jangkar tetapi blog/website mengenai asuransi (pendidikan)